MOSQUE-BASED UMMAT ECONOMIC EMPOWERMENT STRATEGY

STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI UMMAT BERBASIS MASJID

Authors

  • Muzayyanah Yuliasih STID Mohammad Natsir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.109

Keywords:

Strategi Pemberdayaan Ekonomi Ummat, Masjid, Dakwah

Abstract

Latar Belakang, Masalah sosial yang terjadi di kehidupan masyarakat adalah kemiskinan. Al-Qur'an melihat kemiskinan sebagai masalah sosial yang perlu diselesaikan. Salah satu potensi ekonomi ummat adalah potensi dana sosial masjid. Masjid dalam sejarah peradaban Islam merupakan sarana  dakwah dan pengembangan sumber  ekonomi  Islam. Konsep pemberdayaan ekonomi adalah salah satu tujuan pembangunan ekonomi. Artinya, meningkatkan tingkat kesejahteraan, kualitas, kelangsungan hidup, dan memulihkan fungsi sosial untuk memperoleh kemandirian,  ketahanan, keterampilan, kepedulian, dan tanggung jawab sosial. Upaya meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat merupakan bagian dari tanggung jawab bersama. Metode, Penelitian ini tergolong studi pustaka yaitu  informasi dan data dikumpulkan dari macam-macam sumber. Penggunaan metode ini karena masalah penelitian ini adalah masalah yang dapat diamati secara langsung terkait dengan strategi pemberdayaan ekonomi ummat berbasis masjid. Pembahasan, Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam membangun dan merealisasikan potensi kekuatan umat berbasis masjid, yaitu memahami potensi ummat di sekitar masjid, memahami potensi ekonomi di sekitar masjid, dan memperkuat jaringan ekonomi dengan masjid lain.

Published

2021-12-23