DIMENSIONS AND STRATEGIES TO IMPROVE THE QUALITY OF EDUCATION AND ITS IMPACT ON THE DEVELOPMENT OF COMMUNITY HUMAN RESOURCES

DIMENSI DAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA BAGI PENGEMBANGAN SDM MASYARAKAT

Authors

  • Yudhita Omayra STID Mohammad Natsir - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.114

Keywords:

kualitas pendidikan, Rencana Strategi, SDM masyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kondisi umum pendidikan di Indonesia dan strategi yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta dampaknya dalam pengembangan SDM masyarakat. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif-kepustakaaan. Hasil penelitian dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia saat ini belum bisa dibanggakan. Rendahnya daya saing pelajar Indonesia, munculnya pemasalahan internal dan eksternal dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi indikator kuat bahwa SDM yang ada masih belum mampu berkontribusi secara maksimal untuk kemajuan bangsa. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa SDM seperti ini terlahir dari kualitas pendidikan yang masih rendah. Namun sebagai anak bangsa, tentunya kita harus optimis bahwa keadaan ini bisa kita perbaiki. Menyusun strategi untuk kepentingan tersebut adalah sesuatu yang urgent untuk kita ambil. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam hal ini adalah dengan merancang konsep Renstra (Rencana Strategi) Kemendikbud 2020-2024. Renstra kemendikbud disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas kemendikbud yang merupakan penggerak sektor pembangunan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Selanjutnya pelaksanaan berbagai strategi dan program yang sudah tercantum dalam Renstra ini membutuhkan peran aktif masyarakat untuk mensukseskannya. Melalui peran aktif masyarakat diharapkan hasil dari pelaksanaan Renstra ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yang akhirnya mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

Published

2021-12-27