PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI GENERASI MILLENIAL

Authors

  • Muzayyanah Yuliasih STID Mohammad Natsir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v4i2.106

Keywords:

Sosial Media, Instagram, Dakwah, Generasi Millenial

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang, Pada awalnya media hanya untuk kegiatan eksistensi diri kini dapat berfungsi sebagai media dakwah, atau mengajak ibadah dan kegiatan positif.  Dakwah dapat menjangkau mad’u secara lebih luas dan dalam waktu cepat dengan menggunakan Instagram. Media dakwah dengan menggunakan Instagram dapat disajikan dalam konten menggunakan gambar. Dengan menggunakan Instagram, dakwah dapat dibagikan dengan mengunggah video, dan para Mad'u dapat menyaksikan pesan dakwah yang dikirim melalui video dan berbagi foto  di Instagram. ‘@dakwahmillenial’ merupakan salah satu contoh akun yang menggunakan sosial media Instagram sebagai media trend untuk berdakwah, menggunakan foto dan video yang berkaitan dengan masalah kehidupan untuk generasi milenial. Metode, Penelitian ini tergolong studi pustaka yaitu  informasi dan data dikumpulkan dari macam-macam sumber. Penggunaan metode ini karena masalah penelitian ini adalah masalah yang bisa diamati secara langsung terkait dengan penggunaan Instagram yaitu sebagai media pengiriman pesan dakwah di kalangan generasi millenial. Pembahasan, Akun “dakwahmillenial” dapat memaksimalkan penggunaan fitur yg ditawarkan oleh Instagram konten yang dihasilkannya pun menggunakan format variatif yaitu vidio dan poster. Adapun pesan dakwah pada instagram dapat mengganti persepsi mengenai kehidupan para mad’u. Adanya materi motivasi islami, peringatan, dan nasihat mengenai pertemanan dan jodoh yang erat kaitannya dengan kaum millenial dapat diaplikasikan oleh mad’u di kehidupan dengan pola pikir dan sifat yang lebih baik dari hari ke hari. Penggunaan media dalam melakukan kegiatan dakwah sangat bermanfaat di saat seperti sekarang ini.

Published

2021-12-31 — Updated on 2022-06-06

Versions