B STRATEGI KAMPANYE POLITIK CAPRES – CAWAPRES ANIES BASWEDAN – MUHAIMIN ISKANDAR

DI PEMILIHAN PRESIDEN 2024

Authors

  • Rahmat Banu Widodo STAI Attaqwa Bekasi
  • Ahmad Toha Almansur STAI Attaqwa

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.211

Keywords:

KAMPANYE POLITIK

Abstract

 

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau disebut AMIN, yang diusung Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Ummat serta Partai Masyumi sudah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan  lolos memenuhi syarat Presidential Threshold pada pilpres 2024.

Strategi pasangan (AMIN) yang membranding diri sebagai kelompok atau simbol perubahan sudah sangat tepat. Karana bagaimanapun masyakarat baik berdasarkan konsep maupun survei menunjukkan ada perubahan. Baik perubahan secara simbolik maupun perubahan faktual.

Pemilu 2024 yang akan diikuti 3 pasangan Capres menarik untuk dikaji dan diamati terutama dari sudut marketing politik bagaimana pasangan Capres memasarkan diri untuk memperoleh simpati publik. Pasangan AMIN merupakan salah satu paslon yang memiliki karakteristik jelas dan menggunakan metode marketing politik dalam merebut ceruk pasar mendapatkan simpati pemilih melalui personal branding dan penerapan strategi kampanye

Published

2023-12-24