STRATEGI KOMUNIKASI YAYASAN MASJID BESAR AL-FALAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN KEPADA JAMA’AH

Authors

  • Saeful Rokhman STID Muhammad Natsir
  • Riska Siti Aisyah STID Muhammad Natsir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v2i02.57

Keywords:

Strategi komunikasi, masjid, nilai keislaman, jama’ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi komunikasi Yayasan Masjid Besar Al-Falah dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada jama’ah. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Berdasarkan strategi komunikasi yang digunakan yaitu  strategi kepatuhan, Masjid Al- falah menghadrikan para da’I yang memiliki daya tarik moral terhadap jama’ah  serta memiliki kekuatan yang sangat kuat sehingga para jama’ah bisa mematuhi dan mengikuti kegiatan yang ada di masjid tersebut tanpa ada paksaan. Masjid al- falah memberikan penghargaan kepada jama’ah yaitu penghargaan secara umum yaitu fasilitas yang ada di masjid tersebut seperti ruangan yang nyaman serta menyediakan makanan dan minuman bagi para jama’ah yang hadir. Berdasarkan strategi Konstruktivisme, Masjid al- falah memberikan penghargaan kepada jama’ah yaitu penghargaan secara umum yaitu fasilitas yang ada di masjid tersebut seperti ruangan yang nyaman serta menyediakan makanan dan minuman bagi para jama’ah yang hadir. Berdasarkan strategi kesopanan masjid al-Falah Masjid al-Falah memberikan nasihat kepada jama’ah melalui kegiatan ta’lim dengan metode tanya jawab terhadap jama’ah.

Published

2020-06-25 — Updated on 2020-07-22

Versions