STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS MUSLIM BIKERS DALAM DA’WAH TERHADAP MASYARAKAT SUBANG

Authors

  • Arif Agung STID Mohammad Natsir
  • Madeni Madeni STID Mohammad Natsir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v2i02.58

Keywords:

Strategi Komunikasi, Komunitas, Biker Muslim Indonesia

Abstract

Mengungkap strategi da’wah KOMBI terhadap masyarakat subang Metode  Penelitian: Kualitatif. Hasil  Penelitian: Strategi pelayanan publik dengan konsep melayani. Sejatinya pelayanan publik untuk mengidentifikasi lembaga pemerintah maupun swasta. Namun, dalam pembahasan kali ini penulis tarik kepada pelayanan terhadap masyarakat oleh sebuah komunitas. Ketika seseorang dilayani, maka akan timbul simpatik, harga diri dan kesadaran dalam bertindak. Menentukan sasaran da’wah dari segi sosial masyarakat. Seperti, berda’wah kepada masyarakat umum, kepada remaja dan kepada bikers itu sendiri (baik di dalam komunitasnya ataupun diluar komunitasnya) Membuat pesan berupa simbol-simbol verbal maupun non verbal. Setelah itu menetapkan media yang digunakannya. Sehingga khalayak  akan mudah menerima pesan tersebut dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Setelah itu timbul interaksi, baik dengan diri per individu maupun memudahkan berinteraksi dengan lingkungan.

Published

2020-06-28 — Updated on 2022-08-31

Versions