PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF USTADZAH FATIMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PARA JEMAAH MAJELIS TAKLIM KUKUH FARHANAH
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v8i1.324Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif Ustadzah Fatimah terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran para jemaah Majelis Taklim Kukuh Farhanah. Penelitian menggunakan pendekataan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi menolak Ho dan menerima Ha, artinya terdapat pengaruh komunikasi persuasif Ustadzah Fatimah terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran jemaah Majelis Taklim Kukuh Farhanah. Pernyataan tersebut diambil berdasarkan pengujian hipotesis pada hasil (uji t) yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas yang ditetapkan yaitu 0,00 < 0,05, dan nilai t-hitung sebesar 4,949 > t-tabel sebesar 1,683. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan nilai pengaruh yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,374. Ini menunjukkan bahwasannya variabel X (komunikasi persuasif telah memberikan pengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar) sebesar 37,4%. Dapat disimpulkan bahwa komunikasi persuasif Ustadzah Fatimah memberikan konstribusi pengaruh terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran para jemaah Majelis Taklim Kukuh Farhanah sebesar sebesar 37,4%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata kunci : komunikasi; persuasif; motivasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).