TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF MUHAMMAD HUSEIN MELALUI YOUTUBE DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERDONASI

Authors

  • Rizkia Alisa STID Muhammad Natsir – Indonesia
  • Imam Zamroji STID Muhammad Natsir, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v8i1.327

Keywords:

Persuasive Communication Techniques, YouTube, Donation Awareness

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mendeskripsikan  teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein melalui Youtube dalam membangun kesadaran berdonasi. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein menggunakan empat dari lima teknik komunikasi persuasif menurut teori Onong Uchjana Effendy, yaitu: Pertama, teknik asosiasi dengan mengaitkan pesan kepada tokoh penting untuk membangun kredibilitas. Kedua, melalui penggunaan kata “kita” untuk menumbuhkan solidaritas emosional. Ketiga, teknik ganjaran, baik pay-off berupa transparansi donasi maupun fear arousing melalui visualisasi kondisi Gaza. Keempat, teknik tataan (icing) dengan penyusunan pesan verbal dan deskripsi video yang menggugah emosi. Kesimpulan: Muhammad Husein melalui Youtube-nya dalam membangun kesadaran berdonasi menggunakan empat teknik komunikasi persuasif yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran dan teknik tataan.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Rizkia Alisa, & Zamroji, I. (2025). TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF MUHAMMAD HUSEIN MELALUI YOUTUBE DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERDONASI. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 8(1), 101–112. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v8i1.327