MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PRILAKU PADA MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM

Authors

  • Abdul Kadir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v8i1.331

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Islam, Berbasis Prilaku, Manajemen Mutu Terpadu

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana manajemen pendidikan berbasis prilaku pada manajemen mutu terpadu pendidikan dalam Islam

Metode Penelitian: Kualitatif.

Hasil Penelitian: Manajemen pendidikan berbasis prilaku sesungguhnya bertitik tolak pada manusianya. Mutu atau kualitas menggambarkan nilai sesuatu, apakah itu sebuah pekerjaan ataupun benda. Adapun dalam bidang pendidikan terkait dengan standar kompetensi kelulusan atau mutu itu sendiri. Mutu kelulusan terkait sikap keterampilan dan pengetahuan. Untuk itu ada empat pungsi utama yang dijadikan konsentrasi penilaian manajemen mutu antara lain: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan pengendalian. Adapun prilaku yang dimaksud adalah perangai, tabi’at, karakter, atau budi pekerti yang melekat dan mendarah daging sehingga menjadi ciri dan identitas sesuatu. Faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku antara lain: Kegiatan pembinaan dan motivasi, penanaman nilai-nilai budaya unggul, kepeminmpinan, komunikasi, pemberian hadiah, dan sanksi, strategic manajement, dan total quality manajemen (TQM).

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Islam, Berbasis Prilaku, dan Manajemen Mutu Terpadu.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Kadir, A. . (2025). MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PRILAKU PADA MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 8(1), 113–128. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v8i1.331