CADREIZATION OF WRITERS FOR DA'WAH
KADERISASI PENULIS UNTUK DAKWAH
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.112Keywords:
Dakwah, Penelitian, Pendidikan, IslamAbstract
Tujuan Penelitian: Mengetahui dan menggambarkan strategi komunikasi Madrasah Pena dalam melahirkan penulis-penulis muda. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Berdasarkan teori strategi komunikasi yang dikemukakan Anwar Arifin meliputi: mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, pemilihan penggunaan media dan peranan komunikator. Maka Madrasah Pena dalam mencetak penulis- penulis muda melakukan hal-hal berikut: Menitik beratkan pelajar sebagai sasaran utama, menggali potensi yang ada pada anggota, melakukan berbagai macam pengkaderan, mengadakan kelas kepenulisan, bedah buku dan launching buku sebagai metode untuk menarik pelajar, menerbitkan buku, dan mengkonversi tulisan ke dalam bentuk yang menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi Komunitas Madrasah Pena dalam melahirkan penulis-penulis muda adalah: Menitik beratkan pelajar sebagai sasaran utama, menggali potensi yang ada pada anggota melalui program review buku dan challenge menulis, melakukan berbagai macam pengkaderan, mengadakan kelas kepenulisan, bedah buku dan launching buku sebagai metode untuk menarik pelajar, menerbitkan buku, dan mengkonversi tulisan ke dalam bentuk yang menarik.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).