DIMENSIONS AND STRATEGIES TO IMPROVE THE QUALITY OF EDUCATION AND ITS IMPACT ON THE DEVELOPMENT OF COMMUNITY HUMAN RESOURCES
DIMENSI DAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA BAGI PENGEMBANGAN SDM MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.114Keywords:
kualitas pendidikan, Rencana Strategi, SDM masyarakat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kondisi umum pendidikan di Indonesia dan strategi yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta dampaknya dalam pengembangan SDM masyarakat. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif-kepustakaaan. Hasil penelitian dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia saat ini belum bisa dibanggakan. Rendahnya daya saing pelajar Indonesia, munculnya pemasalahan internal dan eksternal dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi indikator kuat bahwa SDM yang ada masih belum mampu berkontribusi secara maksimal untuk kemajuan bangsa. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa SDM seperti ini terlahir dari kualitas pendidikan yang masih rendah. Namun sebagai anak bangsa, tentunya kita harus optimis bahwa keadaan ini bisa kita perbaiki. Menyusun strategi untuk kepentingan tersebut adalah sesuatu yang urgent untuk kita ambil. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam hal ini adalah dengan merancang konsep Renstra (Rencana Strategi) Kemendikbud 2020-2024. Renstra kemendikbud disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas kemendikbud yang merupakan penggerak sektor pembangunan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Selanjutnya pelaksanaan berbagai strategi dan program yang sudah tercantum dalam Renstra ini membutuhkan peran aktif masyarakat untuk mensukseskannya. Melalui peran aktif masyarakat diharapkan hasil dari pelaksanaan Renstra ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yang akhirnya mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).