KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. IMAM ZARKASYI
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v1i01.17Keywords:
Konsep, pendidikan Islam, Imam ZarkasyiAbstract
Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep pendidikan Islam menurut KH. Imam Zarkasyi. Metode penelitian: Kualitatif. Hasil penelitian : Konsep pendidikan Imam Zarkasyi bertumpu pada tujuan pendidikan yang ingin menjadikan anak didik bukan hanya memahami pelajaran, tapi lebih dari itu, mengamalkan dan menda’wahkannya. Untuk mencapai tujuan itu beliau membuat konsep pendidikan integral antara pelajaran agama dan pelajaran umum. Semua pelajaran itu kemudian diajarkan dengan menggunakan metode mengajar yang disusunya berdasarkan pengalaman dan buku-buku yang pernah dibacanya. Sehingga proses belajar mengajar berjalan baik dan menghasilkan para kader penerus yang memang disiapkan betul oleh Imam Zarkasyi untuk meneruskan perjuangannya. Dengan semua kelebihannya itu, Imam Zarkasyi berhasil membangun sebuah lembaga pendidikan yang telah terbukti memberikan kontribusi besar dalam perkembangan pendidikan Islam di Indonesia.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).