PENDIDIKAN PEMUDA DALAM PERSPEKTIF HADITS
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i01.29Keywords:
pendidikan, pemuda, haditsAbstract
Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan aspek-aspek pendidikan pemuda dalam perspektif hadits serta untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan pemuda dalam perspektif hadits. Metode Penelitian: Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (Library research) dikarenakan sumber-sumber datanya bersumber dari sumber-sumber tertulis, baik yang berkaitan langsung dengan materi yang dikaji maupun tidak secara langsung. Kemudian dari segi penajiannya materi ini bersifat deskriptif analisis, sebab penelitian ini berusaha menggambarkan secara utuh metode dan aspek-aspek pendidikan pemuda sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hasil Penelitan: Berdasarkan hasil analisa penulis terhadap hadits-hadits pendidikan pemuda Akhirnya penulis dapat mengambil kesimpulan melalui penelitian ini bahwa konsep pendidikan pemuda perspektif hadits sebagai berikut: Pertama, Tujuan pendidikan pemuda dalam hadits nabi adalah untuk pemenuhan aspek-aspek aqidah, aspek keilmuan dan intelektualitas pemuda, aspek sosial kemasyarakatan dan aspek akhlak. Kedua, Program pendidikan pemuda dalam persepektif hadits adalah memenuhi aspek-aspek yang terdapat dalam tujuan pendidikan pemuda yaitu aspek aqidah, aspek keilmuan dan intelektualitas aspek sosial kemasyarakatan dan aspek akhlak. Ketiga, Proses pendidikan bagi pemuda memerlukan bimbingan dan arahan dari pendidik sebagaimana dalam hadits nabi SAW, Nabi selalu membimbing, memberikan nasehat kepada para pemuda dengan menggunakan beberapa proses atau metode diantaranya: metode nasehat, metode menyerukan secara, metode memberikan hadiah, metode Perumpamaan atau Tamsil (Permisalan), metode perintahkan dan larangan , metode halaqah atau majlis, metode lemah lembut.
Published
Versions
- 2020-05-06 (2)
- 2020-05-06 (1)
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).