DAMPAK AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN UMKM DI JAWA BARAT: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v8i1.317Keywords:
Social Media Marketing, Customer Trust, Customer Loyalty, MSMEs, West Java.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat, Indonesia, melalui pendekatan studi literatur. Mengakui peran vital UMKM dalam perekonomian Indonesia, terutama di Jawa Barat, dan meningkatnya signifikansi media sosial sebagai platform pemasaran, penelitian ini mensintesis literatur akademik relevan yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2025. Studi ini mengidentifikasi strategi pemasaran media sosial yang efektif yang diterapkan oleh UMKM di wilayah Jawa Barat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan menerapkan teori-teori pemasaran digital dan media sosial yang relevan untuk menganalisis fenomena ini. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial, ketika diimplementasikan secara strategis dengan fokus pada keterlibatan pelanggan, interaksi yang dipersonalisasi, pembangunan komunitas, pemasaran influencer, dan layanan pelanggan yang responsif, memiliki dampak positif yang signifikan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku UMKM di Jawa Barat untuk mengembangkan dan menyempurnakan strategi pemasaran media sosial mereka demi meningkatkan hubungan pelanggan dan keberlanjutan bisnis.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).