DAMPAK AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN UMKM DI JAWA BARAT: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

Authors

  • Lili Fadli Muhamad Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi
  • Mufid Habib Mustofa Ekonomi Islam, IBM Bekasi - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v8i1.317

Keywords:

Social Media Marketing, Customer Trust, Customer Loyalty, MSMEs, West Java.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat, Indonesia, melalui pendekatan studi literatur. Mengakui peran vital UMKM dalam perekonomian Indonesia, terutama di Jawa Barat, dan meningkatnya signifikansi media sosial sebagai platform pemasaran, penelitian ini mensintesis literatur akademik relevan yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2025. Studi ini mengidentifikasi strategi pemasaran media sosial yang efektif yang diterapkan oleh UMKM di wilayah Jawa Barat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan menerapkan teori-teori pemasaran digital dan media sosial yang relevan untuk menganalisis fenomena ini. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial, ketika diimplementasikan secara strategis dengan fokus pada keterlibatan pelanggan, interaksi yang dipersonalisasi, pembangunan komunitas, pemasaran influencer, dan layanan pelanggan yang responsif, memiliki dampak positif yang signifikan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku UMKM di Jawa Barat untuk mengembangkan dan menyempurnakan strategi pemasaran media sosial mereka demi meningkatkan hubungan pelanggan dan keberlanjutan bisnis.

Published

2025-06-04