PENGEMBANGAN WEBSITE “SAMAWA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI SD KELAS 3
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v8i1.335Keywords:
dakwah, media digital, sejawah nabi Muhammad SAW, website edukasiAbstract
Saat ini perkembangan teknologi digital menuntut inovasi dalam segala hal termasuk dalam dunia pendidikan. Teknologi juga menuntut inovasi dalam penyampaian materi Pendidikan Agama Islam, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan situs web SAMAWA (Sejarah Awal Mula Nabi Muhammad SAW Berdakwah) sebagai media pembelajaran interaktif berbasis website yang di dalamnya terdapat fitur video materi mengenai perjalanan awal mula dakwah nabi Muhammad secara sembunyi-sembunyi hingga dakwah secara terang-terangan. Website juga dilengkapi dengan game edukasi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan peneliti adalah metode D&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa setelah mereka menggunakan website, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi selama uji coba website. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif dalam menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman materi melalui kombinasi video animasi dan kuis interaktif. Implikasi penelitian ini mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lebih kreatif dan adaptif.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).