PENGEMBANGAN WEBSITE “SAMAWA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI SD KELAS 3

Authors

  • Nelsa Nur Helgia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Meri Sulistia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitria Maulani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v8i1.335

Keywords:

dakwah, media digital, sejawah nabi Muhammad SAW, website edukasi

Abstract

 Saat ini perkembangan teknologi digital menuntut inovasi dalam segala hal termasuk dalam dunia pendidikan. Teknologi juga menuntut inovasi dalam penyampaian materi Pendidikan Agama Islam, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan situs web SAMAWA (Sejarah Awal Mula Nabi Muhammad SAW Berdakwah) sebagai media pembelajaran interaktif berbasis website yang di dalamnya terdapat fitur video materi mengenai perjalanan awal mula dakwah nabi Muhammad secara sembunyi-sembunyi hingga dakwah secara terang-terangan. Website juga dilengkapi dengan game edukasi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan peneliti adalah metode D&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa setelah mereka menggunakan website, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi selama uji coba website. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif dalam menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman materi melalui kombinasi video animasi dan kuis interaktif. Implikasi penelitian ini mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lebih kreatif dan adaptif.

Published

2025-06-04