PEMBERDAYAAN KOMUNITAS BERBASIS APPRECIATIVE INQUIRY DI PULAU TUBEKET MENTAWAI SUMATRA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i01.41Keywords:
Appreciate inquiry, pemberdayaan, Tubeket, da’wahAbstract
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemberdayaan komunitas berbasis appreciative inquiry di Pulau Tubeket Mentawai Sumatra Barat. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Dari sisi pendampingan, da’i menjadi aktor yang aktif memberikan penghargaan terhadap aktivitas dan potensi masyarakat dengan stimulus program yang lebih baik. Dari sisi pesan, tahapan-tahapan komunikasi bisa dilakukan dan dilewati dengan baik, melalui indikator keterlibatan masyarakat terhadap stimulus pertanyaan yang biasa digunakan dalam pendekatan appreciate inquiry yaitu, “Apa yang ada, apa yang mungkin, apa yang dapat, dan apa yang harus”. Pedekatan dengan konsep menghargai, cukup efektif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berubah dan terlibat menggerakkan perubahan. Dalam hal perubahan pola pikir terkait pentingnya pendidikan dan perubahan pola pemenuhan bahan makan dari sagu ke beras, menjadi tolok ukur keberhasilan program pemberdayaan. Hasilnya, terhadap perubahan yang mereka lakukan, berdampak pada kemandirian dan penerimaan terhadap pola baru yang lebih modern. Kuncinya, sebagaimana yang dilakukan oleh da’i adalah penghargaan atas potensi yang mereka miliki, baik potensi manusianya, ataupun potensi alamnya sebagai media menjalani kehidupannya.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).