PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI GENERASI MILLENIAL
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v4i2.106Keywords:
Sosial Media, Instagram, Dakwah, Generasi MillenialAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang, Pada awalnya media hanya untuk kegiatan eksistensi diri kini dapat berfungsi sebagai media dakwah, atau mengajak ibadah dan kegiatan positif. Dakwah dapat menjangkau mad’u secara lebih luas dan dalam waktu cepat dengan menggunakan Instagram. Media dakwah dengan menggunakan Instagram dapat disajikan dalam konten menggunakan gambar. Dengan menggunakan Instagram, dakwah dapat dibagikan dengan mengunggah video, dan para Mad'u dapat menyaksikan pesan dakwah yang dikirim melalui video dan berbagi foto di Instagram. ‘@dakwahmillenial’ merupakan salah satu contoh akun yang menggunakan sosial media Instagram sebagai media trend untuk berdakwah, menggunakan foto dan video yang berkaitan dengan masalah kehidupan untuk generasi milenial. Metode, Penelitian ini tergolong studi pustaka yaitu informasi dan data dikumpulkan dari macam-macam sumber. Penggunaan metode ini karena masalah penelitian ini adalah masalah yang bisa diamati secara langsung terkait dengan penggunaan Instagram yaitu sebagai media pengiriman pesan dakwah di kalangan generasi millenial. Pembahasan, Akun “dakwahmillenial” dapat memaksimalkan penggunaan fitur yg ditawarkan oleh Instagram konten yang dihasilkannya pun menggunakan format variatif yaitu vidio dan poster. Adapun pesan dakwah pada instagram dapat mengganti persepsi mengenai kehidupan para mad’u. Adanya materi motivasi islami, peringatan, dan nasihat mengenai pertemanan dan jodoh yang erat kaitannya dengan kaum millenial dapat diaplikasikan oleh mad’u di kehidupan dengan pola pikir dan sifat yang lebih baik dari hari ke hari. Penggunaan media dalam melakukan kegiatan dakwah sangat bermanfaat di saat seperti sekarang ini.
Published
Versions
- 2022-06-06 (3)
- 2022-06-06 (2)
- 2021-12-31 (1)
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).