This is an outdated version published on 2024-06-25. Read the most recent version.

METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN TANYA JAWAB A. HASSAN PADA MURIDNYA MOHAMMAD NATSIR

Authors

  • Abdul Kadir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v7i1.233

Keywords:

Metode diskusi, tanya jawab, A. Hassan dan Mohammad Natsir

Abstract

Metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab ustad A. Hassan (1887 -1958) terhadap murid-muridnya, terutama Mohammad Natsir menarik untuk dikaji dan diteliti. Menariknya adalah karena ustad Ahmad Hassan berhasil mencetak murid-murid yang cemerlang dan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan di masyarakat dan bangsa. Ada enam metode pendidikan yang dilakukan A. Hassan terhadap murid. Antara lain: Pertama: Diawali dengan mendengarkan kajian-kajian yang disampaikan tuan Hassan dalam kenduri keluarga besar Persis. Kedua: A. Hassan mengajari Natsir dalam menjawab dan memecahkan masalah dengan memberikan bahan-bahan bacaan untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi itu. Ketiga; Ketika datang pertanyaan dari murid, ia tidak memberikan jawaban hitam putih, namun, A. Hassan memberikan sejumlah bahan bacaan kepada muridnya untuk mencarinya. Keempat: A. Hassan dalam mendidik Natsir menanamkan kebiasaan percaya diri dan jangan takut salah. Kelima: Terkadang pula, ustad A. Hassan yang memberikan masalah/soal, kemudian murid-muridnya memecahkannya dan dilakukan dalam bentuk diskusi dan dialog, serta dilakukan dengan intens.  Keenam: Memberikan kepada Natsir tanggung jawab, supaya Natsir,muridnya ini maju dan berkembang

Published

2024-06-25

Versions