STRATEGI KOMUNIKASI TUTOR DALAM MENGENTASKAN BUTA BACA AL-QUR’AN TERHADAP ANAK JALANAN DI SMP MASTER DEPOK

Authors

  • Eva Yulia STID Muhammad Natsir – Indonesia
  • Imam Zamroji

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v7i1.244

Keywords:

Strategy, Communication, Tutor, Qur'an, Street Children

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui strategi komunikasi tutor dalam mengentaskan buta baca Al-Qur’an pada anak jalanan di SMP Master Depok. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian:  Program yang dijadikan sebagai kegiatan wajib guna mengentaskan buta baca Al-Qur’an pada anak jalanan di SMP Master disebut dengan Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBQ).  Kegiatan tersebut berupa: Bimbingan Baca Iqra’ dan Al-Qur’an, Tahsin Tilawah, Tahfidz, Shalat, dan Al-Ma’tsurat. Kesimpulan: Strategi komunikasi yang digunakan tutor dalam mengentaskan buta baca Al-Qur’an pada anak jalanan yakni strategi komunikasi Anwar Arifin, Pertama: Mengenal khalayak dengan pendekatan persuasif. Kedua: Menentukan tujuan untuk mengenal dan membaca Al-Qur’an, hafal setengah juz ‘Amma. Ketiga: Menyusun pesan dengan memberikan motivasi, mempelajari metode Ummi dan Iqro’, serta materi. Keempat: Menentukan metode dan media yang digunakan yakni dengan metode Reududancy (repetition, metode Informative, Persuasive, Educative, dan Coursive, serta menggunakan media Iqra’, Al-Qur’an dan proyektor.

Keywords : Strategi; Komunikasi; Tutor; Al-Qur’an; Anak Jalanan.

Published

2024-06-25