TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR AL-QUR’AN KEPADA ANAK-ANAK (Studi Kasus SD Qur’an An-Nur Cipayung Jakarta Timur)
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v7i1.255Keywords:
technique, reading, memorize.Abstract
ABSTRAK
Tujuan : Untuk mengetahui teknik komunikasi guru dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak (Studi Kasus SD Qur’an An-Nur Cipayung Jakarta Timur. Metodologi penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dan dampak penelitian. Beberapa teknik komunikasi guru SD Qur’an An-Nur Cipayung Jakarta Timur berlokasi di Jl. Masjid Nurul Hidayah No.37, Rt.08/RW.6 Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13840. Dalam mengajarkan al-qur’an yaitu teknik komunikasi instruktif/koersif. Teknik ini sangat efektif. Karena pada dasarnya, ketika seseorang mendapatkan sanksi atau hukuman akan meningkatkan kemampuan pada anak..Teknik komunikasi human relation. Memperbanyak interaksi anak dengan al-qur’an sehingga menjadikan anak cinta al-qur’an. Jika sudah cinta terhadap Al-Qur’an anak bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bahkan bisa meningkatkan hafalan mereka. Teknik Komunikasi persuasive. memberikan contoh dengan membaca Al-Qur’an sehingga memberikan kemudahan bagi anak untuk menghafalnya. Dan Teknik komunikasi informative. Hubungan antara guru dan anak-anak lalu memberikan informasi tentang hal baru (hafalan baru) dapat mempengaruhi peningkatan dalam hafalan Al-Quran. Kesimpulan: penerapan teknik komunikasi instruktif, informative, persuasive dan human relation ternyata dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca dan menghafal al-qur’an.
Kata kunci : teknik 1; membaca 2; menghafal.
Published
Versions
- 2024-08-05 (2)
- 2024-08-05 (1)
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).