PERS DAN JURNALISTIK DA’WAH DALAM MEMBANGUN OPINI PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v3i01.60Keywords:
pers, jurnalistik da'wah, pesanAbstract
Tujuan Penelitian: Penelitian ini ingin mengungkap pers dan jurnalistik dakwah dalam membangun opini public. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Pers dan dunia jurnalisme adalah alat pembentukan opini publik. Karena bersifat alat, maka dia dapat digunakan oleh siapa dan untuk kepentingan apa saja. Oleh karena itu, Pers dan kegiatan jurnalistik tidak bisa dipisahkan dari idiologi pemilik pers dan ideologi penulisnya. Keduanya dapat menentukan kemana arah opini akan dibangun. Dalam kontek ini, da’wah tidak boleh terpaku hanya menjadikan verbal sebagai alat menyapa ummat. Da’wah harus memiliki kesiapan dalam menggunakan pena sebagai penyampai pesan da’wah. Karena pada dasarnya, kerja da’wah adalah upaya membangun opini publik yang berbasis pada ajaran Islam yang mulia. Dengan pembentukan opini public yang benar tentang da’wah maka ajaran Islam akan lebih dapat diterima oleh public dengan cara pandang yang benar pula.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Imam Taufik Alkhotob Alkhotob
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).