PERS DAN JURNALISTIK DA’WAH DALAM MEMBANGUN OPINI PUBLIK

Authors

  • Imam Taufik Alkhotob Alkhotob STID Mohammad Natsir

DOI:

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v3i01.60

Keywords:

pers, jurnalistik da'wah, pesan

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini ingin mengungkap pers dan jurnalistik dakwah dalam membangun opini public. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Pers dan dunia jurnalisme adalah alat pembentukan opini publik. Karena bersifat alat, maka dia dapat digunakan oleh siapa dan untuk kepentingan apa saja. Oleh karena itu, Pers dan kegiatan jurnalistik tidak bisa dipisahkan dari idiologi pemilik pers dan ideologi penulisnya. Keduanya dapat menentukan kemana arah opini akan dibangun. Dalam kontek ini, da’wah tidak boleh terpaku hanya menjadikan verbal sebagai alat menyapa ummat. Da’wah harus memiliki kesiapan dalam menggunakan pena sebagai penyampai pesan da’wah. Karena pada dasarnya, kerja da’wah adalah upaya membangun opini publik yang berbasis pada ajaran Islam yang mulia. Dengan pembentukan opini public yang benar tentang da’wah maka ajaran Islam akan lebih dapat diterima oleh public dengan cara pandang yang benar pula.

Published

2019-05-06