DAKWAH DAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM SYAIKH AHMAD SURKATI
DOI:
https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v2i02.54Keywords:
Dakwah, pembaharuan pendidikan Islam, Ahmad SurkatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dakwah dan pembaharuan pendidikan Islam Syaikh Ahmad Surkati. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Landasan sekolah al-Irsyad adalah bahwa seluruh anak muslim seharusnya menerima pendidikan Islam. Setiap siswanya belajar mengembangkan ijtihad yang dasar pijakannya adalah al-Qur’an dan sunnah. Dan sekolah-sekolah al-Irsyad menerapkan tentang pentingnya pengetahuan bahasa Arab dan pengetahuan bahasa Arab merupakan prasyarat pendidikan Islam. Ahmad Surkati dalam menjalankan program pendidikannya, membagi bidang ilmu menjadi tiga, yaitu Bahasa, Agama Islam, dan Ilmu Pengetahuan Umum. Pendidikan agama dan pelajaran tarikh menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan pembinaan kepribadian yang bertauladan para Nabi dan pemuka-pemuka Islam di awal perkembangan sejarah Islam. Konsep pendidikan takhassus yang tampaknya sulit dikembangkan. Oleh Ahmad Surkati di angkat ke forum dunia. Ia mengusulkan adanya sekolah takhassus tingkat internasional yang ditempatkan di negara Islam yang paling terkenal. Mahasiswanya diseleksi dari seluruh penjuru di mana umat Islam bermukim, berdasar bakat dan kemampuannya. Setelah lulus, mereka bisa kembali ke negara masing-masing dengan membawa kemampuan untuk berfungsi sebagai mufti atau peranan keagamaan lain.
Published
Versions
- 2024-08-25 (4)
- 2020-06-25 (1)
Issue
Section
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).